Logo Yahoo
Logo Yahoo Sumber: Internet

Diakuisisi Verizon, Yahoo Ganti Nama Menjadi Altaba

Posted on

InfoPinang – Yahoo! Inc. adalah sebuah perusahaan Internet multinasional yang berpusat di Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini terkenal karena portal webnya, serta mesin pencari (Yahoo! Search), Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, Yahoo! Finance, Yahoo! Groups, Yahoo! Answers, situs dan layanan periklanan, peta daring, berbagi video, olahraga fantasi dan media sosialnya. Yahoo! adalah salah satu situs web terbesar di Amerika Serikat. Menurut sumber berita, sekitar 700 juta orang mengunjungi situs-situs Yahoo! setiap bulannya. Yahoo! sendiri mengklaim bahwa mereka berhasil menarik “lebih dari setengah miliar pengunjung setiap bulannya ke situs-situsnya yang memiliki 30 bahasa.”

Yahoo! Inc. didirikan oleh Jerry Yang dan David Filo pada bulan Januari 1994 dan dibentuk 2 Maret 1995. Pada tanggal 16 Juli 2012, mantan eksekutif Google, Marissa Mayer, ditunjuk sebagai CEO dan Presiden Yahoo!, efektif 17 Juli. Yahoo telah mengangkat satu CEO setiap tahun selama lima tahun terakhir.

Pada 25 Juli 2016, Yahoo resmi diakusisi oleh perusahaan telekomunikasi Amerika Serikat, Verizon Communications Inc. dengan nilai 4,83 miliar dollar AS (sekitar Rp 63 triliun). Namun tidak semua produk Yahoo! yang diakuisisi. Nah, sisa saham yang tidak dijual inilah yang berganti nama menjadi Altaba. Sementara Verizon akan tetap menggunakan nama Yahoo!. Informasi ini terungkap dalam pengajuan oleh perusahaan dengan nama Securities and Commission (SEC) yang dilakukan beberapa hari lalu, seperti dilansir melalui GSMArena.com, Selasa, 10 Januari 2017.

Saat Verizon mengumumkan rencana akuisisi Yahoo senilai 4,8 miliar dollar AS pada Juli lalu, operator seluler AS ini hanya berminat membeli unit-unit bisnis internet milik Yahoo saja, seperti e-mail, Yahoo News, dan Sports. Di luar unit bisnis utama itu, Yahoo masih memiliki aneka aset lain, termasuk saham 15 persen di raksasa e-commerce Alibaba, saham 35 persen di Yahoo Japan, cadangan kas, dan portfolio paten yang tidak ikut dibeli oleh Verizon.

Altaba sendiri merupakan kepanjangan dari “Alternate Alibaba” yang mengacu kepada sebagian kepemilikan saham Alibaba. Dengan kata lain, setelah dilakukannya akuisisi ini oleh Verizon, Yahoo! terpecah menjadi 2 Perusahaan. Yang 1  dibawah kepemilikan Verizon, dan 1 lagi merupakan perusahaan baru yang khusus menaungi sisa aset Yahoo! yang tidak dijual yaitu Altaba.



Telah dilihat 652 kali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *