Mengaktifkan 4G di Smartphone Xiaomi Tanpa Root

Posted on

InfoPinang – Perkembangan smartphone di Indonesia sangat pesat. Berbagai merk dan tipe tersedia di pasaran., salah satunya Xiaomi. Smartphone yang berasal dari China ini mampu menarik perhatian di Indonesia. Selain harganya yang terjangkau, spesifikasi yang diberikan juga terbilang cukup bagus.

Namun belakangan ini, sejak dikeluarkannya persyaratan oleh pemerintah agar Merk Ponsel bisa membesut produk dengan jaringan berbasis 4G ke Indonesia, tipe terbaru Xiaomi tidak bisa lagi mendapatkan fitur 4G di settingan Smartphone nya dikarenakan Xiaomi belum sanggup untuk memenuhi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar 30%. Dengan kata lain, Xiaomi mengunci fungsi 4G di smartphone nya agar bisa tetap berjualan di Indonesia.

TKDN adalah nilai atau persentase komponen produksi buatan Indonesia yang dipakai dalam sebuah produk berbasis jaringan 4G LTE. Komponen tersebut bukan cuma soal hardware saja, tapi juga memperhitungkan software hingga tenaga kerja lokal.

Terlepas dari itu, ada cara agar smartphone Xiaomi anda tetap bisa menggunakan jaringan 4G. Berikut caranya:

  1. Coba anda dial *#*#4636#*#*
  2. Setelah itu pilih Informasi Telepon 1 (Jika anda menggunakan SIM 1 sebagai Data Connection/internet)
  3. Klik/Ketuk “Setelan Jaringan Yang Disukai”
  4. Pilih jaringan “CDMA Only”. Jangan kaget jika Signal hilang, karena cuma sementara
  5. Selanjutnya masuk ke Pengaturan smartphone anda, pilih Kartu SIM & Jaringan Seluler, pilih SIM 1, lalu pilih jaringan prioritas dan kemudian pilih jaringan Global
    Catatan: jaringan Global bisa digunakan untuk akses 4G, telepon dan sms (jika telepon dan sms, jaringan akan beralih ke 3G). Namun jika anda memilih Prioritas 4G (CDMA), anda hanya bisa menggunakan Internet 4G saja, tapi tidak bisa telepon dan sms

Khusus Untuk MIUI 8

1. Lepas SD card (jika pakai) biar aman, cara nya buka pengaturan, pilih penyimpanan, lalu gulir ke bawah di menu SD card, lalu pilih “Lepaskan penyimpanan bersama” klick OK

*Jika tidak pakai SD card, abaikan saja poin 1.

3. Siapkan SIM ejector/alat buka kartu

4. Colokkan SIM ejector nya ke SIM tray, jangan di lepas, biarkan terbuka dikit aja yang penting SIM tidak terdeteksi.

5. masuk ke “pengaturan, lalu pilih “info memori internal” tap 5x kali/ lebih hingga, lalu pilih phone information 1

6. pilih CDMA only, kembali ke “pengaturan” pilih “kartu SIM dan jaringan seluler”

7. masukkan SIM card nya lagi/tekan lagi SIM tray nya hingga SIM terbaca di HP.

8. pilih nama jaringan yang SIM 1, pilih tipe jaringan prioritas, lalu pilih global/semua

9. tunggu, hingga muncul jaringan 4G

*kelemahan nya, jika hp di restart akan kembali lagi ke semula (tidak bisa pakai 4G), agar bisa pakai 4G, ulangi langkah di atas. kalau sudah terbiasa akan mudah kok.

kalau mau 4G permanen silahkan downgrade saja MIUI nya ke MIUI 7 versi 7.3.2.0 kebawah, karena versi tersebut merupakan 4G permanen.

Perlu diingat, untuk antisipasi agar pulsa anda tidak tersedot, jangan membeli kuota internet 4G saja. Pastikan anda juga memiliki paket kuota 3G juga karena jaringan 4G di Indonesia belum stabil (meskipun signal kelihatan full), soalnya jika signal 4G hilang, smartphone anda akan beralih ke 3G.



Telah dilihat 702 kali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *