Tips Membeli Mobil

Tips Memilih Mobil Untuk Pemula

Posted on

InfoPinang – Seiring dengan meningkatnya pendapatan, masyarakat umumnya akan melengkapi fasilitas pribadinya seperti dengan memiliki mobil. Pemilihan mobil untuk digunakan sehari-hari juga dengan berbagai pertimbangan oleh pembeli itu sendiri. Mulai dari sekedar gaya-gayaan, meningkatkan status ekonomi, atau hanya untuk kebutuhan sehari-hari.

Dengan banyaknya pilihan mobil bekas maupun baru yang ada, berikut InfoPinang memberikan Tips dalam memilih mobil untuk pemula, atau anda yang baru pertama kali membeli mobil:

  1. Sesuaikan budget atau pendapatan anda
    Jika anda memiliki uang yang cukup untuk membeli mobil secara cash memang tidak masalah, karena anda selanjutnya hanya memikirkan biaya perawatan dan biaya bahan bakarnya saja. Namun jika anda membeli mobil secara kredit, utamakan nilai angsuran dari mobil tersebut tidak terlalu memberatkan anda tiap bulannya (usahakan nilai angsuran hanya berkisar 30% dari pendapatan anda dengan pertimbangan kebutuhan hidup lainnya).
  2. Sesuaikan anggaran bahan bakar untuk mobil anda
    Anda harus memikirkan untuk apa anda membeli mobil. Jika anda punya uang berlebih dan memungkinkan untuk membeli mobil sesuai selera anda, tidak akan menjadi masalah. Namun tak sedikit juga orang yang ingin membeli mobil hanya sekedar untuk dipakai dalam rutinitas sehari-hari. Khususnya dengan mempertimbangkan bahan bakar. Pilihlah mobil dengan konsumsi bahan bakar yang irit. Dalam hal ini mobil jenis LCGC (Low Cost Green Car) atau mobil hemat ramah lingkungan seperti Datsun, Ayla, Agya, Karimun, dan sejenisnya bisa menjadi pilihan karena memang sudah sesuai standar pemerintah dalam hal konsumsi bahan bakar dengan minimal 20 liter per kilometernya. Meskipun mobil jenis ini minim fitur, mobil jenis ini bisa diandalkan untuk menghemat dompet anda. Selain irit, pajaknya juga murah.
  3. Bonus dan Jaminan Perawatan
    Setiap Showroom mobil baik itu baru maupun bekas pasti ingin memiliki banyak pelanggan. Jadi jangan segan dalam meminta bonus, karena setiap showroom pasti punya anggaran bonus apa saja yang akan diberikan JIKA konsumen meminta. Jangan lupa meminta jaminan perawatan atau garansi atas kendaraan yang akan anda beli. Dan jika anda membeli mobil baru, anda juga dapat mempertimbangkan bonus gratis service berkala untuk mobil anda – pilihlah yang bisa memberikan anda gratis service berkala dengan jangka waktu yang panjang agar anda bisa lebih hemat dalam hal pengeluaran dana untuk perawatan mobil.
  4. Test Drive
    Mintalah ke pihak Showroom untuk melakukan test drive agar anda bisa mengetahui kondisi mobil yang akan anda beli. Anda dapat mengetahui performa mobil tersebut, kelemahannya, kelebihannya, dan lain-lain.
  5. Ketersediaan Bengkel Resmi
    Jika anda ingin membeli mobil bekas, pilihlah jenis atau merk mobil yang memiliki bengkel resmi agar anda tidak kesulitan dalam melakukan perawatan ataupun dalam mencari sparepart mobil itu sendiri. Terutama dijaman tehnologi ini, sudah banyak mobil yang memiliki fitur diagnostik secara elektronik dalam mencari masalah kerusakan pada mobil anda dengan menggunakan perangkat komputerisasi, yang hanya dimiliki oleh Showroom resmi.
  6. Penjualan kembali atau Purna Jual
    Jika anda ingin membeli mobil, anda juga harus memikirkan bagaimana jika kelak anda ingin menjual mobil tersebut untuk diganti dengan mobil baru atau hanya jika sedang butuh uang. Pilihlah mobil dengan purna jual yang tinggi. Jika anda memilih membeli mobil bekas, biasanya jika dikota anda ada Showroom resmi dari produk mobil yang ingin anda beli, purna jualnya juga akan bagus. Namun jika dikota anda, tidak ada Showroom resminya, harga mobil anda jika dijual juga akan jatuh. Mengapa? Karena sebagai pertimbangan konsumen untuk membeli mobil mesti diiringi dengan ketersediaan sparepart ataupun bengkel resminya. Semakin sulit mencari sparepart mobil tersebut, maka harga mobilpun akan semakin jatuh.
  7. Siapkan Anggaran Untuk Asuransi Mobil Anda
    Sebagai pembeli pemula, tentu anda perlu membiasakan diri dalam mengendarai mobil anda. Tak sedikit orang yang mengalami kecelakaan dalam menggunakan mobil diawal-awal pembelian. Untuk memproteksi diri anda dari pengeluaran yang besar dalam memperbaiki kendaraan anda setelah kecelakaan, lebih baik mengeluarkan uang sejumlah 3-5juta (sesuai harga mobil) pertahun sebagai proteksi dari risiko kecelakaan, yang mungkin nilai kerugiannya bisa lebih dari premi yang anda bayarkan pertahunnya.

Sekian Informasi dari InfoPinang, semoga bermanfaat untuk anda.



Telah dilihat 383 kali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *