Asuransikan mobil anda
Asuransikan mobil anda

Sekilas Mengenai Asuransi Mobil

Posted on

InfoPinang – Seiring dengan kemajuan jaman, pertumbuhan kendaraan di Indonesia juga kian pesat khususnya mobil. Dan berbicara tentang memiliki mobil maka tak lepas dari asuransi mobil itu sendiri, karena tak lengkap rasanya jika memiliki mobil tanpa asuransi.

Asuransi mobil sangat perlu untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan terhadap mobil anda. Jika tidak memiliki asuransi, anda akan mengeluarkan dana yang tentunya tidak sedikit untuk memperbaiki mobil anda jika terjadi kerusakan akibat kecelakaan.

Mengenai asuransi mobil sendiri, ada 2 jenis pertanggungan yang bisa dipilih oleh anda:

  1. Total Loss Only (TLO)
    Adalah jenis pertanggungan yang hanya menjamin kerusakan kendaraan akibat kecelakaan yang nilainya minimal 75% dari nilai kendaraan itu sendiri. Jika diasumsikan nilai/harga kendaraan anda saat ini adalah 100juta, maka kerusakan mobil akibat kecelakaan tersebut mesti 75juta atau lebih agar kendaraan anda bisa ditanggung oleh asuransi. Atau bisa dibilang kerusakan tersebut adalah kerusakan kendaraan yang tidak mungkin diperbaiki lagi, karena jika diperbaiki akan memakan biaya yg lebih banyak dari nilai pertanggungan itu sendiri. Dalam hal ini perusahaan akan mengganti rugi kendaraan anda dengan uang senilai kendaraan anda.
    TLO juga menjamin kendaraan anda jika terjadi kehilangan atau dicuri yang disebut Total Loss Stolen. Pencurian yang dimaksud adalah yang dilakukan oleh orang yang bukan merupakan kerabat tertanggung/pemegang polis. Karena jika dilakukan oleh kerabat, hal tersebut masuk dalam kategori penggelapan. Hal yang tidak dijamin dalam asuransi kendaraan adalah: penggelapan, penipuan, hipnotis, dan sejenisnya. Beban tertanggung/pemilik polis (Own Risk) dalam setiap melakukan claim adalah sebesar 10% of TSI (Total Sum Insured) atau nilai pertanggungan atau harga kendaraan yang tertera dipolis.
  2. Komprehensif (Biasa disebut ALL RISK)
    Seiring dengan perkembangannya, Asuransi kendaraan sudah meniadakan istilah ALL RISK. Karena dapat disalah artikan oleh awam bahwa ALL RISK akan menjamin semua jenis risiko. Maka dari itu sesuai ketentuan PSAKI (Polis Standar Asuransi Kendaraan Indonesia) istilah ALL RISK diganti dengan Comprehensive/Komprehensif.
    Risiko yang dijamin dalam Komprehensif pun lebih luas dari TLO.
    Jika anda memilih jenis pertanggungan Komprehensif untuk mobil anda, maka kecelakaan sekecil-kecilnya pun bisa anda claim ke perusahaan asuransi anda, asalkan tidak dibawah Rp. 300.000,- karena Risiko Pribadi pemilik polis (Own Risk) yang ditanggung oleh tertanggung/pemegang polis adalah sebesar Rp. 300.000,- per kejadian. Maksudnya adalah agar Tertanggung/Pemegang Polis lebih berhati-hati dalam berkendara. Dan jika terjadi kecelakaan, tertanggung juga memiliki rasa tanggungjawab dalam memperbaiki kendaraannya.
    Jadi, misalkan kerusakan akibat kecelakaan sesuai estimasi bengkel adalah senilai 5juta, maka anda diharuskan mengeluarkan uang sebesar Rp. 300ribu per kejadiannya, dan lebihnya 4,7juta akan ditanggung oleh Perusahaan Asuransi. Mengenai menghitung nilai kejadiannya sendiri adalah suatu kejadian ketika mobil anda mengalami kecelakaan dalam suatu waktu. Jadi misalkan mobil anda menabrak kendaraan didepan anda, lalu kendaraan dibelakang anda menabrak mobil anda maka hal tersebut sudah merupakan 2 kejadian meskipun diwaktu yang sama. Oleh karena itu anda akan diminta membayar 2x Risiko Pribadi (Own Risk) anda jika ingin claim asuransi ke Perusahaan Asuransi yaitu Rp. 600ribu.

Mengenai perluasan jaminan asuransi seperti TPL (Third Party Liability – Tanggungjawab hukum pihak ketiga), anda bisa meminta kepada pihak Perusahaan Asuransi dan tentunya dengan penambahan biaya jaminan. TPL diperlukan jika anda menabrak objek atas kesalahan anda, dan objek tersebut menuntut ganti rugi kepada anda, maka anda memiliki perlindungan dari Asuransi untuk itu. Asuransi akan memperbaiki atau mengganti Objek yang dirugikan akibat kesalahaan anda.

Selain itu juga ada jaminan perluasan Banjir dalam asuransi kendaraan anda. Jika dibutuhkan, anda dapat meminta tambahan jaminan ini kepada Perusahaan Asuransi anda. Perlu diketahui juga, Banjir merupakan kejadian air yang meluap. Asuransi akan menjamin kendaraan anda jika mobil anda yang terparkir terkena musibah banjir, bukan karena anda sengaja menabrak banjir. Jadi jika anda sedang berkendara, dan anda terjebak banjir, silahkan parkirkan kendaraan anda ditempat aman, matikan mesin, keluar dari mobil dan silahkan hubungi perusahaan asuransi anda untuk sekedar memberitahukan bahwa anda terjebak banjir, atau anda dapat memilih jalan lain sebagai alternatif.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda. 🙂



Telah dilihat 909 kali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *