Kredit Kendaraan

Ingin Kredit Kendaraan? Simak Tips Berikut…

Posted on

InfoPinang – Dijaman tehnologi ini, kendaraan merupakan hal yang umum yang ingin dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Selain fungsinya sebagai angkutan yang sangat praktis dan cepat untuk menuju suatu tempat, kendaraan juga merupakan gaya hidup.

Menurut Kepala Korps Polisi Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Agung Budi Maryoto, sesuai yang diliput oleh Kompas Otomotif, populasi kendaraan yang ada di seluruh bagian Nusantara mencapai 124.348.224 unit.

Data itu didapat dari pendaftaran registrasi kendaraan terhitung sampai Juli 2016. Setiap tahun dikatakan pertumbuhan kendaraan enam juta unit per tahun. Sebesar 10 – 15 persen kontribusinya datang dari mobil.

“Jumlah yang sangat luar biasa ini sangat memberikan kontribusi dominan dan menjadi andalan pendapatan asli daerah provinsi seluruh Indonesia,” kata Agung dalam pidatonya yang dibacakan Kabid Regident Korlantas Polri Kombes Pol Refdi Andri di Gaikindo Indonesia International Auto Show, Jumat (19/8/2016).

Namun demikian, banyak masyarakat yang masih terus dan terus berusaha membeli kendaraan untuk anggota keluarga yang lain, atau mengganti unit kendaraan dengan yang baru atau yang sesuai kebutuhannya. Tidak jarang juga masyarakat yang membeli kendaraan tersebut dengan cara mencicil atau kredit.

Nah, berikut Tips InfoPinang bagi anda yang sedang ingin membeli kredit kendaraan baru anda:

  1. Sesuaikan angsuran bulanan kendaraan anda dengan gaji atau pendapatan bulanan anda.
    Usahakan jumlah angsuran anda tidak melebihi 1/3 atu 30% dari total pendapatan anda. Misalkan anda bergaji 3juta/bulan maka angsuran bulanan anda jangan sampai melebihi 1juta/bulannya dengan catatan anda tidak sedang memiliki angsuran lainnya. Hal ini dimaksudkan bahwa anda juga memerlukan keperluan lain dalam hidup anda seperti makan, biaya listrik, dll dan sesuaikan pengeluaran anda dengan pemasukan. Jika Uang Muka tidak mencukupi dalam menetapkan angsuran tsb, anda mesti menunda kredit kendaraan hingga Uang Muka nya dapat mencukupi ataupun silahkan meminjam kepada kerabat dekat anda untuk menggenapi uang muka tsb. dan jangan tergoda dengan uang muka ringan yang diberikan perusahaan kredit/leasing jika angsurannya semakin besar dan tidak sesuai dengan pendapatan anda karena pokok utang dan bunganya juga semakin besar.
  2. Usahakan pilih Perusahaan penyedia kredit/leasing yang tidak terhubung dengan BI Checking.
    Perusahaan penyedia kredit/leasing umumnya terkoneksi dengan BI Checking. BI Checking adalah laporan yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia yang berisi tentang data dan riwayat pinjaman nasabah perorangan maupun perusahaan yang pernah melakukan pinjaman ke Bank ataupun lembaga keuangan Non Bank. Data tersebut berupa jenis pinjaman dan lancar tidaknya kredit anda sebelumnya yang tercatat dalam Sistem Informasi Debitur (SID) Bank Indonesia. Oleh karena itu penting anda mengetahui sebuah lembaga keuangan penyedia kredit apakah terkoneksi dengan BI Checking atau tidak. Hal ini dimaksud agar jika ada kejadian yang tidak diinginkan seperti keterlambatan pembayaran angsuran, anda tidak serta-merta tercatat dalam BI Checking sehingga jika nantinya anda ingin melakukan pinjaman ke Bank untuk tambahan modal ataupun Kredit Pemilikan Rumah (KPR), akan menjadi lebih mudah.
  3. Pilih Perusahaan penyedia kredit dengan bunga yang lebih ringan.
    Umumnya Dealer/Showroom kendaraan bekerjasama dengan lebih dari 1 Leasing/Bank. Namun beberapa Dealer/Showroom berhubungan baik dengan salah 1 Bank/Leasing sehingga mereka akan mereferensikan salah satu perusahaan kredit saja meskipun bunganya besar. Disini anda harus tegas dalam meminta beberapa alternatif perusahaan kredit yang bekerjasama dengan Dealer/Showroom berupa brosur angsuran dari tiap-tiap Leasing/Bank sehingga anda dapat membandingkan mana Leasing/Bank yang lebih ringan dalam menerapkan bunga.
  4. Pastikan Lampiran data/dokumen anda lengkap, sesuai persyaratan dari Bank/Leasing.
    Hal ini dimaksud, jika data yang diminta oleh Bank/Leasing lengkap maka proses kredit andapun akan semakin cepat dan mudah. Minta tolong kepada marketing showroom/dealer juga merupakan hal yang bagus dalam melengkapi dokumen yang menurut anda sulit anda urus karena showroom/dealer juga pastinya ingin agar unit kendaraan mereka segera laku sehingga anda akan dimudahkan prosesnya oleh showroom/dealer. Tapi jangan Sekali-kali minta bantuan Leasing/Bank untuk hal ini karena akan mempengaruhi analisa Bank/Leasing dalam menentukan layak tidaknya anda menjadi kreditur mereka.
  5. Usahakan Anda memiliki tabungan paling tidak sebesar 3 kali nilai angsuran.
    Ini diperlukan bagi anda yang ingin masa kredit anda tidak memiliki masalah. Hal yang manusiawi jika rencana kita tidak berjalan sesuai harapan begitu juga dalam masa kredit. Maka diperlukan inisiatif dari anda untuk menyediakan tabungan yang nilainya paling tidak sebesar 3 kali nilai angsuran anda sebagai antisipasi jika anda memiliki kebutuhan tidak terduga kedepannya.
  6. Mintalah Bonus kepada Showroom/Dealer.
    Sebelum proses kredit anda selesai, mintalah bonus yang anda butuhkan untuk kendaraan anda dalam negosiasi tahap awal, barangkali Showroom/Dealer tsb akan memberikan sesuatu yang bagus sebagai bonus agar anda tetap menjadi konsumen mereka.

Demikian beberapa Tips dari InfoPinang bagi anda yang ingin atau berencana membeli kendaraan secara kredit atau cicil. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.



Telah dilihat 738 kali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *